Amankan komputer dari virus tanpa antivirus

komputer jika terkena virus memang terasa sangat memosankan. Komputer menjadi lelet, system menjadi kacau dan kadang-kadang data data penting kita bisa hilang. Banyak cara yang bisa menjadi solusi misalnya dengan memasang antivirus namun itu tidak menjamin komputer kita aman dari virus. Apalagi jika kita sering terhubung ke jaringan dan juga sering transfer file antar komputer. itu semua yang memperbesar kemungkinan komputer kita terjangkit virus. Untuk itu saya berikan sedikit trik untuk memperkecil kemungkinan komputer kita terserang virus.

Virus-virus zaman sekarang cendrung menampakkan dirinya ke user contohnya saja virus shortcut yang gampang kita temui saat ini. Namun pada era tahun 90-an virus sangat susah ditemukan oleh user, kita harus menggunakan bantuan antivirus untuk mendeteksi ada-tidaknya virus dikomputer kita. Ternyata saat ini banyak virus yang dibangun dengan bahasa visual basic. Dan yang berfungsi untuk menjalankan program yang berbasis vb adalah file yang bernama msvbvm60.dll yang ada didirektory C:/windows/system32/msvbvm60.dll

sekarang kita coba buktikan, kita cari sebuah software yang berbasis visual basic misalnya smadav. Kita install dulu smadavnya lalu kita hapus file msvbvm60.dll (jangan lupa backup dulu). Kita buka antivirus smadavnya, apa yang terjadi?? software tersebut tidak bisa berjalan karena file msvbvm60.dll tersebut sudah kita hapus.


lalu apa hubunganya dengan virus yang kita bicarakan tadi??. kita sekarang gunakan hasil percobaan diatas. Apabila virus dibangun dengan bahasa VB dan program yang berbasis vb hanya bisa berjalan dengan bantuan file yang bernama msvbvm60.dll seperti yang telah kita coba buktikan tadi. Maka untuk mematikan virus tersebut adalah dengan menghapus file msvbvm60.dll tersebut. Namun kelemahanya jika kita akan membuka program yang berbasis vb yang bukan virus ( smadav dll) maka otomatis program tersebut tidak bisa berjalan, nah solusinya sobat ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Kita tidak perlu menghapusnya tetapi merenamenya, yang saya coba jelaskan adalah cara merenamenya dengan cepat.
- buka notepad
- ketikan " ren C:\windows\system32\msvbvm60.dll 11111msvbvm60.dll" (tanpa tanda petik)
- save dengan nama vbren.bat dan simpan didirektory C:\windows\

- buka lagi notepadnya
- ketikan "ren C:\windows\system32\11111msvbvm60.dll msvbvm60.dll" (tanpa tanda petik)
- save dengan nama vbfix.bat dan simpan di C:\windows\

Nah, kita sudah membuat dua buah file berektention .bat fungsinya adalah. vbren.bat adalah untuk merename file asli (msvbvm60.dll) menjadi nama samaran 11111msvbvm60.dll, jadi jika ingin mengaktifkan proteksinya sobat tinggal tekan windows+R ketikan vbren.bat dan virus tidak akan berjalan di komputer sobat. Namun jika kita ingin menggunakan program berbasis visual basic yang kita tau itu buka virus maka tinggal mengubah kembali nama samaran (11111msvbvm60.dll) kenama asli (msvbvm60.dll) caranya tekan windows+R/run lalu ketikan vbfix.bat lalu enter dan msvbvm60.dll kembali aktif.







NB : ini berlaku untuk virus yang dibangun dengan bahasa vb


| Free Bussines? |

0 komentar:

Template by : Agus Diantoro www.megatrik.blogspot.com